5 Tanda Gejala, Penyebab Ejakulasi Dini Dan Penangannya

5 Tanda Gejala, Penyebab Ejakulasi Dini Dan Penangannya – Ejakulasi merupakan keluarnya sperma dan cairan semen melalui penis. Idealnya, seorang pria membutuhkan proses dari stimulus seksual sampai mengalami ejakulasi.

5 Tanda Gejala, Penyebab Ejakulasi Dini Dan Penangannya
https://hellosehat.com/

Namun, ejakulasi dini adalah kondisi ketika seorang pria berejakulasi lebih cepat dari yang diinginkan ketika berhubungan seksual. Pengeluaran sperma dan cairan semen bisa terjadi sebelum berhubungan seksual, seperti misalnya saat baru mengawali foreplay.

Ada pula pria yang mengalaminya ketika baru melakukan penetrasi ke organ intim wanita atau beberapa saat sesudah penetrasi dilakukan. Persamaan dari ketiganya merupakan hilangnya kontrol pada orgasme.

Kehilangan kontrol saat ejakulasi seharusnya tidak menjadi masalah apabila hanya sesekali terjadi. Pria yang sudah lama tidak mengalami ejakulasi, sangat mungkin mengalami orgasme lebih cepat dibandingkan perkiraannya. Keadaan ini baru menjadi masalah seksual apabila terjadi setiap kali berhubungan seksual.

Gangguan saat ejakulasi juga bukanlah sesuatu yang berbahaya kesehatan pria. Akan tetapi, masalah ejakulasi yang terjadi secara berulang akan menjadi halangan seksual.

Hal ini bisa menyebalkan bagi para pria dan memunculkan rasa kecewa pada pasangan mereka. Lambat laun, masalah ini dapat mengakibatkan stres dalam berhubungan.

Kenali Apa Saja Beberapa Macam Ejakulasi Dini?

Kenali Apa Saja Beberapa Macam Ejakulasi Dini

Berdasarkan saat terjadinya, ejakulasi dini terbagi menjadi dua klasifikasi berikut :

  • Gangguan ejakulasi primer yang merupakan masalah ejakulasi yang muncul begitu Anda mulai aktif berhubungan seksual. Keadaan ini bisa terjadi dalam frekuensi yang cukup sering atau bahkan setiap kali Anda melakukan hubungan intim.
  • Gangguan ejakulasi sekunder, yaitu masalah ejakulasi yang baru muncul sesudah sebelumnya tidak terdapat gangguan apapun.

Apakah Umum Masalah Ejakulasi Dini Tersebut?

Di antara banyaknya gangguan fungsi seksual, ejakulasi dini adalah salah satu masalah yang paling sering dialami pria seluruh usia. Terutama bagi mereka yang rentan mengalami stres, disfungsi ereksi, serta memiliki faktor lain yang seringkali luput dari perhatian.

Jumlah pria yang mengalaminya bervariasi pada setiap negara, tapi setidaknya 1 dari 3 orang pria pernah memiliki masalah yang sama dan menghadapi kesulitan saat mengatasinya.

5 Tanda Gejala, Penyebab Ejakulasi Dini Dan Penangannya

5 Tanda Gejala, Penyebab Ejakulasi Dini

Gejala utama dari ejakulasi dini yaitu ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi lebih dari satu menit setelah penetrasi. Akan tetapi, kondisi ini juga dapat terjadi pada kondisi seksual apapun, termasuk masturbasi.

Pria yang mempunyai masalah seksual ini umumnya mengalami ejakulasi hanya dengan sedikit stimulus seksual dan tidak mempunyai kontrol terhadapnya. Tanda-tanda dari ejakulasi dini ini biasanya tidak terasa, namun hak yang sering terjadi yaitu :

  1. Perasaan menggelitik

Perasaan sebelum ejakulasi digambarkan dengan rasa yang menggelitik. Namun, ada juga yang mengatakan perasaan yang makin melonjak. Nah, keadaan seperti itu dinamakan dengan ejaculatory inevitability.

  1. Keluar cairan

Sebelum mengalami ejakulasi, pria akan mengalami pra ejakulasi, atau yang disebut pre-cum. Hal ini ditandai dengan keluarnya cairan preseminal yang dikeluarkan oleh kelenjar cowper.

  1. Testis dan skrotum

Sebelum mengalami ejakulasi, pria merasa testis dan skrotum membesar.

  1. Ketegangan secara tiba-tiba pada tubuh

Sebelum ejakulasi, pria akan merasakan ketegangan tubuh secara tiba-tiba.

  1. Perubahan pada napas

Perubahan nafas dan gerak tubuh yang cepat bisa menjadi tanda ejakulasi. Tanda lain seperti bagian tubuh mengeluarkan keringat yang berlebihan.

Para peneliti mengatakan tahapan ejakulasi, yaitu tahap pertama adanya beberapa kontraksi otot dan air mani didorong ke pangkal uretra. Pada tahap kedua, air mani didorong keluar dari mr. P. dan tahap ketiganya yaitu pria mencapai orgasme.

Gangguan terkait ejakulasi tersebut juga dapat memunculkan gejala yang berhubungan dengan perilaku. Pria yang bermasalah dengan ejakulasi bisa saja mengalami penurunan gairah seksual.

Hal ini karena pengaruh dari tidak adanya kontrol terhadap fungsi seksual tubuhnya sendiri. Akibatnya, Anda juga akan sering kali merasa bersalah, malu, dan bisa frustrasi.

Meskipun demikian, orgasme yang terjadi lebih cepat tidak secara otomatis membuktikan bahwa Anda memiliki masalah ejakulasi dini.

Anda perlu melihat terlebih dahulu apakah keadaan tersebut cuma terjadi kadang-kadang atau sering kali berulang. Kalau hanya kadang kala mengalaminya, Anda mungkin tidak mengalami gangguan ini.

Mengingat setiap pria mempunyai keadaan yang berbeda, mungkin terdapat gejala dan faktor lain yang belum disebutkan di atas. Apabila Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai gejala dan pertanda-petunjuk gangguan ejakulasi, jangan ragu untuk bertanya pada dokter Anda.

Kapan Seharusnya Periksa Ke Dokter?

Berkonsultasi dengan dokter terkait masalah apabila Anda sering mengalami ejakulasi setiap kali berhubungan seksual. Hampir semua pria malu untuk mengutarakan masalah kesehatan seksual mereka.

Akan tetapi, akan lebih baik kalau Anda membicarakan hal ini dengan para ahli medis yang memahami keluhan Anda. Gangguan pada ejakulasi ialah keadaan yang bisa ditangani dan dokter bisa membantu Anda mengatasinya.

Penyebab Dari Ejakulasi Dini

Penyebab Dari Ejakulasi Dini

Penyebab dari masalah ejakulasi dini hakekatnya belum diketahui secara pasti. Namun, pemicunya diduga hanya berasal dari factor psikis penderita. Oleh karena itu, banyak ahli yang sepakat bahwa ejakulasi yang terjadi di luar kendali yakni dampak dari permasalahan psikis dan biologis sekaligus.

Factor psikis yang dapat menyebabkan gangguan ejakulasi dini, di antaranya :

  • Pengalaman seksual sebelumnya, termasuk trauma berat akan kekerasan seksual
  • Kepercayaan diri yang rendah
  • Citra tubuh yang buruk sehingga menurunkan kepercayaan diri
  • Keinginan yang tidak realistis berhubungan dengan performa seksual
  • Kekhawatiran akan mengalami ejakulasi yang lebih awal dibandingkan keinginan
  • Gangguan psikis seperti depresi, gangguan kecemasan, atau stres berkepanjangan
  • Rasa bersalah yang menimbulkan kecenderungan untuk terburu-buru saat berhubungan seksual
  • Masalah pribadi dengan pasangan
  • Rangsangan seksual yang berlebihan

Sementara itu, faktor biologis yang bisa memicu kondisi ini, diantaranya:

  • Tingkat hormon yang tidak normal, termasuk rendahnya jumlah serotonin dalam tubuh
  • Tingkat neurotransmiter yang tidak normal di otak
  • Kegiatan refleks yang tidak normal dari cara ejakulasi
  • Masalah pada tiroid
  • Peradangan dan infeksi pada pada prostat atau uretra
  • Genetika
  • Kerusakan pada syaraf karena operasi atau cedera (sangat jarang terjadi)

Faktor Resiko Dari Seseorang Yang Mengalami Ejakulasi Dini

Faktor Resiko Dari Ejakulasi Dini

Factor risiko yaitu kondisi yang bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya suatu gangguan kesehatan. Sama seperti masalah kesehatan lainnya, masalah ejakulasi dini juga mempunyai sejumlah faktor risiko.

Ejakulasi dini lebih sering terjangkit dari pria yang mengalami disfungsi ereksi atau disebut impotensi. Ketika mendapatkan rangsangan seksual, tubuh Anda meresponsnya dengan ereksi pada penis.

Namun, impotensi membuat kesulitan atau bahkan sama sekali tidak bisa mengalami ereksi. Rasa khawatir akan ketidakmampuan mempertahankan ereksi pun bisa membuat Anda berkeinginan langsung menyelesaikan hubungan seksual, baik secara sengaja maupun tidak.

Bukan hanya, penyakit kronis berhubungan erat dengan gangguan pada ereksi dan ejakulasi, keduanya dipengaruhi oleh sistem saraf dan sirkulasi darah menuju penis.

Diabetes, multiple sclerosis, dan penyakit jantung adalah sebagian contoh penyakit yang dapat mengganggu kedua sistem ini. Kalau sumber masalahnya tidak ditangani, organ reproduksi Anda akan terkena imbasnya.

Selain dari kedua faktor tersebut, stres juga mempunyai dampak besar terhadap kualitas hubungan seksual. Stres yang berkelanjutan bisa mengalihkan pikiran Anda dari hubungan intim, memunculkan rasa bersalah terhadap pasangan, serta mempengaruhi keadaan fisiologis tubuh Anda.

Ditambah dengan penyebab psikis yang Anda alami, ejakulasi dini menjadi masalah yang susah dihindari.

Diagnosis Dari Penyakit Ejakulasi Dini

Diagnosis Dari Penyakit Ejakulasi Dini

Diagnosis terhadap permasalahan ejakulasi ditentukan berdasarkan gejala yang dialami. Oleh karena itu, dokter yang menangani kondisi seperti ini, perlu mengajukan beberapa pertanyaan.

Guna untuk mendapatkan gambaran mengenai gangguan ejakulasi dan kaitannya dengan kehidupan seksual. Pertanyaan yang diajukan oleh dokter umumnya mencakup:

  • Berapa lama mengalami masalah ejakulasi?
  • Seberapa sering kali mengalami permasalahan ejakulasi?
  • Seberapa besar stimulus seksual yang diperlukan untuk mengalami ejakulasi?
  • Apa masalah ejakulasi hanya terjadi terkadang atau sering berhubungan seksual?
  • Bagaimana anda mampu menahan ejakulasi hingga akhir penetrasi?
  • Apakah pasangan Anda merasa tidak nyaman atau frustrasi?
  • Bagaimana dampak masalah ejakulasi kepada kesibukan seksual?
  • Bagaimana dampak permasalahan ejakulasi terhadap kualitas hidup?

Beberapa riwayat seksual Anda dianggap belum cukup untuk menggambarkan faktor-faktor penyebabnya, maka dokter juga bisa melakukan pemeriksaan fisik.

Pemeriksaan tersebut mencakup pemeriksaan syaraf, prostat, atau percobaan urine untuk mengetahui adanya infeksi. Dokter juga dapat menyarankan pemeriksaan darah maupun pemeriksaan lainnya untuk mengetahui level hormon dan aspek lain yang terkait.

Penanganan Dan Pengobatan Masalah Penyakit Ejakulasi Dini

Beberapa penanganan dan pengobatan dari ejakulasi dini ini memang banyak sekali. Namun, disini akan dijelaskan beberapa poin yang bisa mengatasi masalah ini, diantaranya :

  1. Penanganan secara mandiri

Pengobatan Masalah Penyakit Ejakulasi Dini

Penanganan secara mandiri merupakan cara yang bisa dilakukan sendiri sebelum pergi ke dokter. Dengan melakukan beberapa teknik relaksasi atau teknik untuk mengalihkan perhatian, ejakulasi dini dapat ditangani. Di antaranya yaitu melalui cara berikut.

  • Cobalah untuk melakukan aneka posisi hubungan seksual dengan pasangan. Tujuannya agar pasangan dapat dengan mudah menarik mr. P ketika mendekati ejakulasi. Sesudah rasa ejakulasi sudah hilang, penetrasi bisa kembali dilanjutkan.
  • Untuk menghentikan ejakulasi, lakukan teknis bernafas dalam-dalam dan beristirahat sejenak di jeda-jeda penetrasi. Dikala beristirahat, alihkan pikiran ke hal lain supaya rasa ingin ejakulasi bisa menurun.
  • Bagi Anda yang mempunyai mr. P yang sensitif, pemakaian kondom tebal dapat membantu menurunkan sensasi untuk ejakulasi.
  • Cobalah untuk menghilangkan kebiasaan mengisap rokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.
  1. Penanganan ejakulasi dini dengan mengkonsumsi produk muncord tiens

muncord tiens obat untuk menangani ejakulasi dini

 

Salah satu obat untuk mengatasi ejakulasi dini yang sudah terbukti ampuh dan aman tanpa adanya efek samping ialah produk tiens muncord. Tianshi Muncord Capsules atau bahasa farmasinya Cordyceps Myecelium merupakan produk suplemen yang dasar bahan utamanya Cordyceps sinensis berkualitas tinggi dengan di ekstrak menggunakan teknolgi canggih sehingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Produk muncord ini salahsatu produk keluaran dari perusahaan farmasi terbesar di china yaitu tiens internasional yang produknya sudah di pasarkan di 100 negara lebih dan salahsatunya di indonesia. Tidak perlu khawatir tentang keamanannya, karena 100 persen bahanya herbal alami juga sudah memiliki ijin edar dari BPOM dan Halal MUI

3. Penanganan dengan latihan teknik squeezing

Pengobatan Masalah Ejakulasi Dini

Cara mengatasi ejakulasi dini yang perlu Anda lakukan ketika Anda mulai merasa akan orgasme adalah mencabut mr. P dari organ intim wanita. Minta bantuan pasangan Anda untuk menggenggam mr. P.

Setelah digenggam, posisikan jempol menutupi lubang di mana air mani keluar, berikan sedikit remasan pada mr. P. Anda juga dapat meremas mr. P bagian bawah secara lembut dengan terjadwal sampai impian orgasme menurun.

  1. Penanganan dengan senam kegel

Pengobatan Masalah Ejakulasi Dini

Olahraga senam kegel dapat mendukung untuk mengatasi ejakulasi dini dengan baik. Senam kegel dapat membuat Anda memiliki ejakulasi yang bertahan lebih lama berkat koreksi aliran darah di mr. P.

Perlu diketahui, senam ini tujuannya memperkuat otot, serta melatih menunda orgasme di waktu yang tidak diinginkan. Latihan ini juga dapat membantu mengatur Anda ketika akan orgasme dan memberikan stamina seksual yang lebih besar.

Pada awalnya teknik senam ini memang diperuntukan bagi wanita setelah melahirkan, guna mengencangkan otot-otot organ intim wanita seperti semula.

Akan tetapi, tidak cuma wanita saja yang merasakan manfaatnya, pria juga bisa. Senam ini memfokuskan gerakan pada otot panggul (pubococcygeus) agar terasa cepat.

Manfaat dari senam kegel pada pria yakni untuk melatih mr. P dan seisinya menjadi lebih terkendali. Otot-otot dasar panggul yang meliputi bagian mr. P dan kandung kemih akan lebih sehat berkat latihan kegel, serta memungkinkan orgasme yang lebih tahan lama.

  1. Latihan pernapasan

Pengobatan Masalah Ejakulasi Dini

Cara alami mengatasi ejakulasi dini ini biasanya bukan cara yang melibatkan fisik, melainkan pikiran dan perasaan, agak susah dan berat bila dilakukan. Pernafasan yaitu kunci untuk mengendalikan seluruh tubuh Anda.

Ketika penetrasi mr. P ke dalam lubang vagina dan Anda mulai menikmati orgasme, mulai pelankan tempo hentakan pinggul. Alihkan pikiran dari stimulus yang telah ada, lakukan tarikan nafas 3-4 kali hembusan. Tetap alihkan pikiran hingga dirasa aliran air mani mulai menurun.

Setelah Anda bisa mengendalikan tubuh, Anda dapat melanjutkan penetrasi dengan tempo yang lebih cepat. Mulai cari lagi rangsangan tubuh pasangan Anda untuk membangkitkan gairah. Lakukan berulang, hingga waktu orgasme yang diharapkan tiba.

  1. Gunakan teknik berhenti and start

Anda bisa memakai cara mengatasi ejakulasi dini dengan bantuan pasangan wanita anda. Latihan ini bagusnya anda bicarakan dan disepakati dahulu dengan pasangan wanita demi menjaga mood seksualnya.

Caranya, ketika penetrasi dan Anda merasa ingin orgasme, cabut mr. P dari vagina, lalu cengkram kepala mr. P, jangan terlalu lembut dan jangan terlalu cepat.

Setelah itu tekan kepala mr. P ke arah kiri menggunakan jempol tangan. Apabila Anda sudah merasa aliran air mani mulai melambat, bendung sebentar, lalu bisa melanjutkan lagi penetrasi yang tertunda.

Dalam sekali berhubungan seksual, coba latih teknik ini 2-4 kali sampai pada waktu orgasme yang Anda inginkan. Ajak pasangan berpartisipasi dalam teknik ini, untuk mencapai kepuasan seks bersama-sama.

BACA JUGA : 7 merk obat kuat tahan lama di apotik dan harganya

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat via WhatsApp.

Dapatkan Harga Promo Hari Ini KLIK DISINI WA OTOMATIS